Kacangan MB

Cover Crop LCC


Legum padang gembala, pupuk hijau, legum pionir dan tanaman penutup tanah. Terutama digunakan sebagai penutup tanah di perkebunan tanaman tropis dan spesies pionir yang sangat berguna untuk menahan erosi dan mengatur kesuburan tanah.

Mucuna bracteata merupakan salah satu tanaman LCC yang dikenal sebagai tanaman yang sangat toleran dan dapat tumbuh dengan baik pada berbagai jenis tanah. Mucuna bracteata mampu memproduksi biomassa yang tinggi dan mengandung N lebih tinggi dari tanaman penutup tanah lainnya sehingga perkebunan kelapa sawit menggunakan tanaman ini pada areal peremajaan karena menghasilkan bahan organik yang tinggi

Mucuna bracteata memiliki sistem perakaran tunggang sebagaimana kacangan lain, berwarna putih kecoklatan, tersebar di atas permukaan tanah dan dapat mencapai kedalam 1 meter di bawah permukaan tanah. Tanaman ini juga memiliki bintil akar yang menandakan adanya simbiosis mutualisme antara tanaman dengan bakteri Rhizobium sehingga dapat memfiksasi nitrogen bebas menjadi nitrogen yang tersedia bagi tanaman.